Friday, May 11, 2012

Teknik Menendang Bola Dalam Permainan Sepak Bola


Sepak bola merupakan jenis olahraga beregu yang dimainkan oleh 11 orang di lapangan dengan bola sebagai alat permainannya. Olahraga sepak bola dimainkan dengan menggunakan tungkai, kaki, badan dan kepala, kecuali penjaga gawang dapat menggunakan tangan. Tujuan permainan ini adalah memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri dari serangan lawan. Sucipto dkk. (2000:7) menjelaskan tentang pengertian sepak bola sebagai berikut: “Sepak bola merupakan permainan beregu, masing-masing regu terdiri dari sebelas pemain, dan salah satunya penjaga gawang. Permainan ini hampir seluruhnya dimainkan dengan menggunakan tungkai, kecuali penjaga gawang yang dibolehkan menggunakan lengannya di daerah tendangan hukumannya.” Kemudian Sukintaka (1979:103) menjelaskan sebagai berikut: “Sepak bola adalah permainan yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri dari 11 orang pemain, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan dan mempertahankan gawangnya sendiri untuk tidak kemasukan.”
Setiap cabang olahraga mempunyai tujuan dari permainannya. Tujuan permainan sepak bola menurut Sucipto dkk. (2000:7) adalah “Memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan dan berusaha menjaga gawangnya sendiri agar tidak kemasukan.” Hal ini berarti suatu regu dinyatakan menang apabila regu tersebut lebih banyak memasukkan bola ke gawang lawannya dan lebih sedikit kemasukan bola.
Dalam permainan sepak bola terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai, diantaranya menggiring bola, menendang bola, menghentikan bola, dan mengoper bola. Mengenai teknik dasar permainan sepak bola dijelaskan oleh Sukintaka (1979:73) sebagai berikut:


Teknik sepak bola dapat dibagi dalam dua bagian:
a.       Teknik tanpa bola (teknik badan)
b.      Teknik dengan bola
Teknik tanpa bola dapat dibedakan menjadi:
1)      Teknik lari
2)      Teknik melompat
3)      Teknik gerak tipu
Teknik dengan bola dapat dibedakan menjadi:
1)      Teknik menendang bola
2)      Teknik menerima bola
3)      Teknik menyundul bola
4)      Teknik menggiring bola
5)      Teknik melempar bola
6)      Teknik menipu lawan
7)      Teknik merampas bola
8)      Teknik penjaga gawang

Kosasih (1985:216) membagi teknik dasar bermain sepak bola menjadi enam bagian yaitu: “Teknik menendang bola, menghentikan bola, menggiring bola, gerak tipu, teknik menyundul bola dan teknik melempar bola.” Sedangkan Sukatamsi (1984:124) menjelaskan tentang pembagian teknik dasar sepak bola adalah sebagai berikut: “Menerima bola, menendang bola, menggiring bola, menyundul bola, melempar bola, gerak tipu, merebut bola dan teknik-teknik khusus penjaga gawang.”
Penguasaan keterampilan teknik dasar bagi seorang pemain sepak bola adalah penting, karena sangat berkaitan dengan tujuan permainan sepak bola yaitu memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri dari serangan lawan. Tanpa penguasaan teknik yang memadai maka tujuan permainan sepak bola cenderung tidak akan tercapai.
Menendang bola merupakan salah satu teknik yang harus dikuasai oleh seorang pemain sepak bola, karena berdasarkan fungsinya, menendang bola dapat digunakan sebagai cara memberikan (mengoper) bola kepada teman dalam berbagai jarak dan menembak bola ke gawang. Jika kemampuan menendang bola ini kurang baik maka seorang pemain dapat dikatakan tidak dapat bermain sepak bola dengan baik.
Shooting atau tembakan merupakan salah satu cara untuk memasukkan bola atau menciptakan gol ke gawang lawan dengan menggunakan kaki sebagai subyek geraknya. Fralick (1945:17) menyatakan, “Shooting at the goal is a very important phase of the game.” Kemudian Sukatamsi (1997:230) menyatakan:

Menendang bola merupakan teknik dasar bermain sepak bola yang paling banyak digunakan dalam permainan sepak bola. Kesebelasan sepak bola yang baik adalah suatu kesebelasan sepak bola yang semua pemainnya menguasai teknik dasar menendang bola dengan baik, cepat dan tepat ke arah sasaran, baik teman maupun sasaran dalam membuat gol ke gawang lawan.”

Sucipto dkk. (2000:11) menyatakan, “Menendang bola merupakan pola gerak dominan yang paling penting dalam permainan sepak bola. Pada dasarnya bermain sepak bola itu tidak lain dari permainan menendang bola.” Kemudian Tarigan (2001:58) menyatakan, “Sekitar 80% terjadinya gol berasal dari tembakan.”
Berdasarkan beberapa penjelasan tersebut di atas maka dapat disimpulkan bahwa penguasaan keterampilan teknik dasar menendang bola bagi seorang pemain sepak bola adalah penting, karena sangat berkaitan dengan tujuan permainan sepak bola yaitu memasukkan bola ke gawang lawan. Tanpa penguasaan teknik menendang bola yang memadai maka tujuan permainan sepak bola cenderung tidak akan tercapai secara maksimal.
Mengenai teknik menendang bola dijelaskan oleh Soejoedi (1979:118) sebagai berikut:

Pembagian cara menendang:
            Atas dasar bagian kaki yang digunakan untuk menendang:
1.      dengan bagian kaki sebelah dalam
2.      dengan kura-kura kaki (punggung kaki)
3.      dengan kura-kura kaki bagian dalam
4.      dengan kura-kura kaki bagian luar
5.      dengan bagian kaki sebelah luar
6.      dengan ujung jari (sepatu)
7.      dengan tumit
8.      dengan paha
            Atas dasar kegunaannya:
1.      mengoper bola kepada teman
2.      menembak ke gawang
3.      menyapu bola
4.      tendangan-tendangan khusus seperti tendangan sudut, tendangan gawang, dan tendangan hukuman
Atas dasar tinggi rendahnya bola:
1.      melambung rendah setinggi lutut
2.      melambung sedang setinggi kepala
3.      melambung tinggi di atas kepala
            Atas dasar arah bola:
1.      tendangan lurus
2.      tendangan melengkung

Kemudian Sukatamsi (1997:233) menjelaskan tentang jenis tendangan berdasarkan tinggi-rendahnya lambungan bola sebagai berikut:

Atas dasar tinggi rendahnya lambungan bola:
1)      Tendangan bola rendah
Bola menggulir datar di atas permukaan tanah sampai setinggi lutut
2)      Tendangan bola melambung lurus atau melambung sedang
Bola melambung paling rendah setinggi lutut dan paling tinggi adalah setinggi kepala
3)      Tendangan bola melambung tinggi
Bola melambung tinggi paling rendah setinggi kepala

Berdasar pada penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa teknik dasar sepak bola terbagi dalam dua teknik yaitu teknik tanpa bola dan teknik dengan bola. Teknik tanpa bola berfungsi untuk pergerakan badan mencari posisi yang menguntungkan dan menghindar dari penjagaan lawan. Sedangkan teknik dengan bola berfungsi untuk menguasai dan menjaga bola dari lawan.
Berkaitan dengan penelitian ini, maka menendang bola yang dimaksud adalah menendang bola ke arah gawang. Adapun cara menendang bola ke gawang adalah sebagai berikut:
1)      Awalan: berdiri lurus dengan bola, kaki tumpu diletakkan di samping bola dengan jari kaki menghadap ke depan dan lutut sedikit ditekuk. Kaki sepak diputar keluar pada pangkal pahanya sehingga kaki sepak membentuk sudut 90o dengan kaki tumpu.
2)      Perkenaan dengan bola: terjadi pada daerah punggung kaki, sedangkan bola disepak tepat pada titik pusatnya.
3)      Follow Through: dengan cara mengikuti lintasan ayunan gerak kaki ke depan.

Secara biomekanika, teknik menendang bola dengan tujuan memasukkan bola ke gawang lawan dalam jarak tertentu maka harus sesuai dengan hukum gerak sebagai berikut:
            Untuk mencapai tujuan tendangan, maka tungkai sebagai subjek gerak harus dapat bergerak dengan cepat dan kuat khususnya untuk menendang bola ke gawang yang jaraknya jauh. Secara mekanik, kecepatan gerak ditentukan oleh force (gaya), dan waktu tempuh. Hal ini berarti tendangan harus dilakukan dengan gaya yang besar, dan waktu tempuh yang singkat.
           Pada saat melakukan tendangan, untuk mencapai jarak horizontal yang sejauh-jauhnya, maka harus mengacu pada penjelasan Hidayat (1990:57) bahwa, “Besarnya impuls = K x t. Impuls yang besar mengakibatkan momentum yang dihasilkan juga besar.” K = kekuatan dan t = waktu. Hal ini berarti apabila tendangan dilakukan dengan dukungan power yang besar dan dilakukan dalam waktu yang cepat, maka akan menimbulkan impuls dan momentum yang besar sehingga efek tendangan pun akan besar pula. Artinya bola sebagai objek tendangan akan bergerak dengan cepat menuju sasaran.
Untuk melakukan tendangan terhadap bola diperlukan kekuatan (K) otot tungkai dan awalan (jarak sasaran dengan kaki ayun). Kekuatan dan jarak awalan menghasilkan kerja/usaha yang besarnya = K x s. Kaki ayun berada dalam tegangan yang mengandung tenaga disebut Tenaga Kerja Tempat (karena tempat dan potensinya). Tenaga Kerja Tempat mampu mencapai sasaran sesuai dengan besarnya kekuatan dan awalan yang dilakukan. Hidayat (1990:28) menjelaskan, “Sebuah benda dikatakan mempunyai Tenaga Kerja Tempat bilamana oleh karena tempatnya benda tersebut mempunyai kerja.”  
           Hasil tendangan ditentukan oleh besarnya kekuatan, waktu tempuh dan jarak awalan. Hal ini berarti kaki ayun akan mencapai sasaran sesuai dengan besarnya kekuatan yang digunakan untuk menendang dan jarak awalan kaki ayun dengan titik perkenaan kaki dan sasaran. Berkenaan dengan hal ini Zanon (1973) yang dikutip oleh Hidayat (1996) menyatakan, “Kecepatan gerak itu berbanding lurus dengan kekuatan maksimal.” Hal ini berarti kecepatan gerak tungkai dalam melakukan tendangan ditentukan oleh kekuatan maksimal yang dikeluarkannya. Dengan kekuatan yang besar maka akan menghasilkan kecepatan gerak yang tinggi. Berkaitan dengan kekuatan, Hidayat (1990:56) menjelaskan:

Momentum tidak timbul begitu saja. Yang menyebabkannya adalah kekuatan (K). Makin lama kita kerahkan K, makin besar momentum yang ditimbulkannya. Jadi K (kekuatan) x t (lamanya kekuatan bekerja) adalah yang menyebabkan, sedangkan m (massa) x v (velocity) adalah akibat yang ditimbulkan. Sebab dan akibat selalu sama besarnya. K x t = m x v.

Penjelasan tersebut menggambarkan bahwa bila momentum benda diteruskan atau dipindahkan ke benda lain, maka jumlah momentum dari benda yang pertama sama besar dengan jumlah momentum dari benda ke dua. Dalam hal tendangan terhadap bola, momentum ayunan kaki diteruskan ke sasaran dengan besar atau jumlah yang sama.

34 comments:

  1. a opik damang...... novi apal keneh teu....

    ReplyDelete
  2. makasih jd tugasku dah hampir selesai ccuma ada yg binggung yaitu belm dikasitu contoh menendang bolanya pakai kaki bagian dalam

    ReplyDelete
  3. thank, baca berita bolanya juga ya brosis http://sangbola.com/

    ReplyDelete
  4. BONUS FREECHIP HARIAN!

    CemePoker merupakan agen Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang menyediakan berbagai banyak game dengan 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan sebagai agen judi poker dengan rating win tertinggi.
    Cemepoker menjamin 100% keamanan para membernya serta pemain Poker kami DIJAMIN 100% Player VS Player.
    Jangan lupa nantikan bonus menarik setiap bulannya dan bonus referal seumur hidup.

    Baca juga :
    http://www.cepok.org/keuntungan-bermain-judi-poker-online-pada-meja-kecil/

    http://www.cepok.org/posisi-kursi-pada-meja-poker-bisa-menjadi-tolak-ukur-kemenangan/

    http://www.cepok.org/cepok-cara-mendaptkan-jackpot-pada-domino-online/

    Ayo sekarang di Cepok.org

    ReplyDelete
  5. JUDI ONLINE DEPOSIT PAKAI PULSA!

    Cabang Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yang menyediakan jasa layanan buat pembukaan akun permainan judi atau taruhan online kepada kamu di agen judi online yg berpangkat International, sah dan terpercaya hanya di ZeusBola.

    Sebagai Delegasi Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dengan kongsi Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemimpin Isle of Man untuk beroperasi sebagai juru taruhan olahraga sedunia.

    main judi deposit pakai pulsa

    Daftar sekarang di Zeusbola.biz

    ReplyDelete
  6. PROMO BONUS DEPOSIT HARIAN INDOKARTU

    Minimal Deposit!

    === 7 Permainan 1 USER ID ===
    JUDI KARTU ONLINE & AGEN POKER ONLINE
    INDOKARTU adalah situs judi poker online Indonesia resmi dan terlengkap dalam menyediakan game poker online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online, Bahkan sebagai web Agen Poker Online uang asli yang memberikan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, memberikan deposit kecil yang sangat murah dan memberikan hadiah jackpot setiap harinya & bisa main dengan para player dari seluruh kota yang ada di Indonesia. Main poker online terpercaya di IndoKartu

    indokartu.info

    Ayo join sekarang di indokartu.net

    ReplyDelete
  7. BONUS 10% EVERY DAY

    Kantor Cabang Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yang sediakan jasa pelayanan pada awal akun permainan judi atau taruhan online untuk anda di perutusan judi online yg berderajat International, jadi dan terpercaya hanya di judi online terpercaya.

    Sbg Agen Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dengan perseroan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemimpin Isle of Man pada beroperasi sbg juru taruhan sport sedunia.

    sabung ayam s1288

    Ayo daftar sekarang di zeusbola.biz

    ReplyDelete
  8. Daftar S128 Sabung Ayam Online Bersama ZEUSBOLA


    Segera Sekarang Gabung Bersama Situs Resmi Agen Sabung Ayam online Terpercaya di Indonesia!!

    Salurkan Hobby Anda Sekarang Juga Bersama Agen http://bolazeus.biz/ Sekarang Juga ..

    Tersedia Deposit Via Atm Bank Lokal, Deposit Via Ovo, Deposit Via Pulsa!!

    Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

    Link : BOLAZEUS,COM " GANTI , DENGAN . "
    LINE : zeusbola
    Whatsap : 081333552228
    BBM : BOLAZEUS

    ReplyDelete
  9. Sering Kalah Bermain Poker atau Permainan Lain?? Butuh Konsultasi Seputar Poker atau Permainan Lain Agar Menang Terus??
    Dapatkan Trik dan Tips Jitu dari Donaco Poker...
    Cukup Daftar menjadi Member saja..!!
    Pendaftaran Gratis!!
    Dapatkan Info Freechip Terbaru Dari Donaco Poker..

    Nikmati juga kemudahan dalam bertransaksi menggunakan OVO Pay Donaco Poker...

    Dapatkan Juga
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  10. PROMO MEMBER BARU 15%

    DewaZeus adalah bagian dari situs ZeusBola, yg merupakan mater agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di bolazeus.

    Sebagai Peserta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn kongsi Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh orang nomor 1 Isle of Man guna beroperasi sbg juru taruhan olahraga sedunia.

    https://dewazeus.site/tips-penting-memilih-agen-poker-online-deposit-via-pulsa-terpercaya/
    https://dewazeus.site/situs-poker-online-deposit-via-pulsa-termurah-hanya-25rb/
    livechat zeusbola

    s128

    Kunjungi juga link alternatif maxbet nova88 nova88 link alternatif, main langsung maxbet nova88.

    ReplyDelete
  11. Mau Freechips di setiap deposit yang kamu mainkan???
    gabung segera dengan kami di Donaco poker
    Dapatkan Freechip spesial edisi Imlek 2020

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WA : +6281333555662

    ReplyDelete
  12. Dapatkan Penghasilan Tambahan Disini..
    Donaco Poker.. Agen Terpercaya dan Teraman..
    Kemenangan besar bisa di dapatkan...

    Dapatkan bonus-bonus menarik...
    Cukup Deposit 10rb anda bisa dapatkan semuanya...

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WA : +6281333555662

    ReplyDelete
  13. Permainan Poker Paling Seru Bersama Winning303...
    Menghadirkan IG poker & IDN poker ....

    Dengan 1 User ID, Sudah Dapat Bermain 8 Games Kartu Populer :
    1. Texas Poker
    2. Omaha Poker
    3. Domino QQ
    4. Ceme Keliling
    5. Bandar Ceme
    6. Capsa Susun
    7. Bandar Capsa
    8. BIG 2

    Tunggu Apa Lagi, Ayok Segera Daftarkan Diri Anda Bersama Kami Di Winning303
    Dapatkan juga berbagai macam Bonus menarik dalam bermain Poker bersama kami

    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :

    - WA : +6287785425244

    ReplyDelete
  14. ZeusBola - Situs Judi Online Terlengkap Dan Aman
    Bisa Daftar dan Deposit via PULSA
    DANA, OVO, LINKAJA, JENIUS
    Pendaftaran : http://zeusbola.me

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 081333555996

    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN

    ReplyDelete
  15. Winning303

    Situs Judi Online Terbesar Dan Terpercaya Di INDONESIA

    Bagi Kalian Pecinta Games online , Tersedia :
    Sportbook
    Poker Dan Domino
    Livecasino
    Slot
    Sic Bo
    Roulette
    Togel
    Sabung Ayam

    Klik ID Gratis Sabung Ayam

    Silakan Kunjungi Link Terbaru kami : www.winning303.pw

    ReplyDelete
  16. Pernahkah merasa tertipu oleh agen yang sangat anda percayai?? yang menawarkan berbagai bonus dan kata-kata manis?? dan akhir yang anda dapatkan adalah kecewa??
    Saatnya Tinggalkan itu semua.. Kami hadir untuk mengembalikan semangat bermain anda..dapatkan pelayanan memuaskan yang nyaman dan tidak ribet..
    Dapatkan Proses Transaksi Deposit & Withdraw Yang Cepat dan Tidak Ribet..Bonus yang PASTI..
    Kami Tidak Takut Anda Menang...Kami Segan Jika Anda Kecewa...

    Winning303 Agen betting online yang sudah berpengalaman dan profesional..Hadirkan Permainan Lengkap dan Pelayanan Ramah serta Profesional yang membuat anda tidak akan berpaling lagi..

    Cukup 1 ID saja dan tidak perlu ribet ganti user id untuk bermain:
    -Sports
    -Poker
    -Live Casino
    -Slots
    -Lotere/Togel
    -Sabung Ayam'

    Winning 303 Banjir Hadiah Yukz gabung bersama kami dan Dapatkan Langsung

    Bonus New Member Slot 15%
    Bonus New Member Poker 10%
    Bonus New Member Sabung Ayam 10%
    Bonus New Member Sportsbook & Live Casino 20%
    Bonus Deposit 10% Setiap Hari
    Bonus Deposit 10% Slot Setiap Hari
    Bonus Deposit Sabung Ayam 5%
    Bonus Cashback 5-10%
    Bonus 100% 7x Kemenangan Beruntun Sabung Ayam
    Diskon Togel Hingga 65%
    Bonus Rollingan Slot 1%
    Bonus Rollingan Poker dan Live Casino 0.5%

    Yang Lain Sudah Bergabung...Sekarang Giliran Anda....

    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    ReplyDelete
  17. Museum Ayam Agen Judi Online Terpopuler Indonesia Taruhan Sepak Bola Casino Sabung Ayam Tangkas Togel Poker Online Proses Cepat Berapapun Kami Bayar Terpercaya

    ==> SABUNG AYAM [ S128 - Club388 ]
    ==> SPORTSBOOK [ SBOBET - MAXBET ]
    ==> KASINO [ SEXY - SBOBET - GD88 - CBO855 - WM ]
    ==> SLOT [ PRAGMATIC - SPADEGAMING - HABANERO - JDB SLOT - JOKER123 ]
    ==> POKER [ POKER - DOMINO QQ - CEME ]
    ==> TOGEL [ SGP - HONGKONG - SYDNEY - MACAU ]
    ==> BOLA TANGKAS [ TANGKASNET - 88TANGKAS ]
    ==> TEMBAK IKAN [ JOKER123 ]

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa Tanpa Potongan
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    PROMO SABUNG AYAM TERBARU !
    * BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
    * BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%
    NB : Peraturan Dan Syarat Bonus Dapat Berubah Sewaktu-Waktu Tanpa Pemberitahuan Terlebih Dahulu. Mohon Selalu Untuk Melihat Halaman Promo Kami.

    Situs Togel Online
    Museumbola Slot Habanero
    Sabung Ayam Online
    Museum Ayam
    Tanaman Liar Yang Bermanfaat Untuk Ayam Bangkok Petarung

    Contact Resmi MuseumAyam --> https://linktr.ee/museumbola
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    ReplyDelete
  18. Museumayam merupakan agen sportbook terpercaya resmi Sbobet dan Maxbet dengan menyediakan berbagai taruhan olahraga terupdate dengan odds terbaik. Sangat cocok bagi anda yang sedang mencari uang samping di saat New Normal.
    Dengan minimal deposit 25rb dengan odds terbaik akan memberikan anda keuntungan besar !!
    Jangan ragu lagi, tunggu apalagi Taruhan Sport telah Kembali

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa Tanpa Potongan
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    PROMO MUSEUMAYAM SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA !
    * BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
    * BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%

    Museumtoto IDNLive
    Museumbola Livecasino
    Museum Ayam
    Museum Poker
    Obati Ayam Bangkok Aduan Yang Terserang Penyakit Tetelo

    Contact Resmi MuseumAyam --> https://linktr.ee/museumbola
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    ReplyDelete
  19. Pasang Taruhan Online Melalui Agen Judi Terpercaya Indonesia Agens128, Proses Cepat, Banyak Bonus, Online 24 Jam dan Pasti Bayar!
    AGENS128
    daftar bisa langsung ke:
    LINE : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    ReplyDelete
  20. MUSEUMAYAM - AGEN SABUNG AYAM S128, SV388, SLOT ONLINE, CASINO ONLINE DAN POKER ONLINE

    ==> SABUNG AYAM [ S128 - SV388 ]
    ==> SPORTSBOOK [ SBOBET - MAXBET ]
    ==> KASINO [ SEXY - SBOBET - GD88 - CBO855 - WM ]
    ==> SLOT [ PRAGMATIC - SPADEGAMING - HABANERO - JDB SLOT ]
    ==> POKER [ POKER - DOMINO QQ - CEME ]
    ==> TOGEL [ SGP - HONGKONG - SYDNEY - MACAU ]

    BURUAN JOIN YA BOSKU ^^
    WA : +62822-6793-2581

    SABUNG AYAM SV388
    LINK ALTERNATIF MUSEUMBOLA
    Berita Poker Online Terpercaya

    ReplyDelete
  21. Suka bermain slot?
    terlebih yang punya banyak bonus depositnya

    mari bergabung bersama kami di WINNING303
    Kami memberikan Bonus Deposit Slot 100%


    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :
    - WA : 0877 8542 524

    ReplyDelete
  22. ZeusBola - Agen Sabung Ayam Deposit Pulsa Tanpa Potongan
    Menerima Deposit via E-money
    (OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS)
    Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun
    Pendaftaran : http://zeusbola1.com

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Daftar S128 Menggunakan Bank BTPN Jenius

    ReplyDelete
  23. Dapatkan keseruan dengan deposit minimal 10ribu di Donaco Poker...Menangkan bonus jackpot hingga puluhan juta rupiah tanpa ribet...

    Ikuti Promo Menarik Setiap Bulannya dari Donaco Poker...Dapatkan Bonus Chip Setiap Hari....

    Gunakan OVO pay untuk memudahkan dan mempercepat proses deposit anda!!

    Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  24. Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    BANDAR TOGEL TERPERCAYA MBO128 FREE ANGPAO

    MBO128 sebagai situs togel online terbaik akan memfasilitasi anda untuk bermain dan daftar togel online.

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    https://mbo128.com/register

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    ReplyDelete
  25. Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    MBO128 AGEN TOGEL ONLINE TERBAIK & TERPERCAYA 2021

    CLAIM ANGPAO Rp.50.000,- SEKARANG JUGA
    KHUSUS 100 ORANG PERTAMA!
    BURUAN SEBELUM KEHABISAN!
    Periode 12 - 14 Feb 2021

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    ReplyDelete
  26. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Link Agen Judi Poker Online Terpercaya Deposit Pulsa

    Mengenal Agen Poker Online Dengan Game Terbaik

    ReplyDelete
  27. Hasil Togel Terbaru

    Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Memberikan Permainan Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : winning-303,com (ganti koma jadi titik)
    WA:+6287785425244

    Anda Kecewa Beritahu Kami, Anda Puas Beritahu Teman

    ReplyDelete
  28. Promo Bonus Pulsa Tanpa Potongan !! ZEUSBOLA SOLUSINYA!!!
    Menyediakan Permainan SLOT Terbaik Yang Memberikan kemenangan Yang Lebih Tinggi
    Kami Juga menyediakan Banyak Permaianan Hanya Dengan 1 ID
    Deposit Pulsa Dari 10RB
    Buruan Join Dan Rasakan Kemenangannya
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607

    ReplyDelete
  29. KRISTALQQ adalah situs permainan kartu Online terlengkap aman dan terpercaya dengan server kualitas terbaik dan tercepat tanpa admin ataupun robot yang ikut bermain bonus kemenangan nyata ratusan juta

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Permainan Bola Basket

Kata dasar dari permainan adalah main. Kata main menurut Poerwadarminta (1984:620) berarti, “Perbuatan untuk menyenangkan hati (yang dilak...